Penyakit Ain Dalam Islam, Tanda, Punca Dan Penawar

In AGAMA, KESIHATAN

Pernahkah anda dengar penyakit ain? mesti ramai yang tidak mengetahui penyakit ini bukan? Penyakit Ain bukannya penyakit biasa yang boleh dirawat di mana-mana hospital dan ia juga bukan sihir atau santau. Penyakit ini akibat daripada pandangan seseorang secara berdepan ataupun melalui gambar. Artikel kali ini akan berkongsi tentang penyakit Ain termasuk punca, tanda-tanda penyakit ini dan penawar bagi penyakit Ain.

Hadith Mengenai Penyakit Ain

Hadith mengenai ‘ain. ada diriwayatkan di dalam kitab-kitab hadith yang masyhur dan hukumnya sahih. Al-Imam al-Bukhari dan Muslim ada memuatkannya di dalam kitab Sahih mereka. Takhrij hadithnya adalah seperti berikut:

  1. Sahih al-Bukhari, Kitab al-TibBab al-‘Ain Haq. No Hadith (5740):

عَنْ أَبِي هُرَيْرَةَ ـ رضى الله عنه ـ عَنِ النَّبِيِّ صلى الله عليه وسلم قَالَ ‏ “‏ الْعَيْنُ حَقٌّ ‏”‏‏.‏ وَنَهَى عَنِ الْوَشْمِ‏

Maksudnya: Dari Abu Hurairah RA, dari Nabi SAW telah berkata: al-‘ain itu adalah benar dan Nabi SAW melarang dari melakukan tattoo.

  1. Sahih Muslim, Kitab al-SalamBab al-Tib wa al-Maradhi wa al-Ruqa. No. Hadith (2188):

عَنِ ابْنِ عَبَّاسٍ، عَنِ النَّبِيِّ صلى الله عليه وسلم قَالَ ‏ “‏ الْعَيْنُ حَقٌّ وَلَوْ كَانَ شَىْءٌ سَابَقَ الْقَدَرَ سَبَقَتْهُ الْعَيْنُ وَإِذَا اسْتُغْسِلْتُمْ فَاغْسِلُوا ‏”

Maksudnya: Dari Ibn Abbas R.Anhuma dari Nabi SAW telah berkata: al-‘Ain itu haq (benar). Jika ada sesuatu yang menjangkaui qadar maka ‘ain lah (yang dapat menjaungkauinya). Jika di minta kepada kalian untuk mandi (untuk penyembuhan), maka mandilah kalian.

Penyakit ‘ain ialah penyakit yang disebabkan oleh pandangan mata yang disertai sifat iri atau rasa takjub terhadap apa yang dipandang. Ianya boleh terjadi dari orang yang dengki atau orang yang dicintai, dari orang yang jahat atau orang yang salih. Al-Hafizh Ibnu Hajar rahimahullah berkata: ‘Ain adalah pandangan hasad dari tabiat yang buruk yang boleh menyebabkan mudarat pada orang yang dipandangnya. [Fath al-Baari, 10/200]

Sumber: muftiwp.gov.my

Penyakit Ain Dalam Islam, Tanda, Punca Dan Penawar

Tanda-Tanda Penyakit Ain

Ada beberapa tanda apabila sesorang terkena penyakit Ain. Tanda penyakit ini termasuklah pada fizikal dan mental. Antara tanda-tanda penyakit ain yang sering dialami sesorang adalah:

  • Merasa pusing di kepala
  • Rasa sakit yg berpindah-pindah
  • Warna wajah kekuning-kuningan, kadang kemerah-merahan bercampur hitam
  • Mengeluarkan banyak keringat dari seluruh tubuh
  • Sering buang air kecil
  • Sering merasa mual ingin muntah
  • Kehilangan nafsu makan
  • Sering merasa kesemutan di kedua tangan
  • Merasa demam atau panas / dingin di beberapa bagian tubuh
  • Jantung berdebar-debar lebih kencang
  • Merasa nyeri pada bagian-bagian tubuh tertentu seperti bawah punggung dan bahu
  • Merasa sedih dna mellow
  • Dada merasa lebih sesak
  • Sering berkeringat di malam hari
  • Sering merasakan ketakutan yang berlebihan
  • Emosi sulit dikontrol bahkan menjadi lebih Temperamental
  • Sering cegukan
  • Sering menguap dan Mendesah
  • Menyendiri dan suka mengurung diri
  • Selalu merasa lemas dan malas
  • merasa ingin tidur terus atau bahkan jadi kurang tidur
  • Badan menjadi kurus atau susah gemuk
  • Mengalami sakit atau masalah pada kesehatan tanpa penyebab yg jelas dan sulit diobati secara medis
  • Gatal-gatal pada kulit
  • Anak tiba-tiba sering rewel dan sulit diatur
  • Dan lain-lain

Punca Terjadi Penyakit Ain

Penyakit Ain terjadi hanya dengan tetapan mata yang diiringi dengan perasaan kagum, benci dan iri hati. Di sini lah syaitan mengambil kesempatan dengan mengirim panah jasad kepada kita yang dikagumi dan dibenci sehingga mendatangkan penyakit kepada kita.

Dalam kitab Fathul Bari, Ibnu Hajar Alasqalani menjelaskan penyakit ain sebagai berikut;

وَاْلعَيْنُ نَظْرٌ بِاسْتِحْسَانٍ مَشُوْبٍ بِحَسَدٍ مِنْ خَبِيْثِ الطَّبْعِ يَحْصُلُ لِلْمَنْظُوْرِ مِنْهُ ضَرَرٌ

“Penyakit ain adalah pandangan suka disertai dengki yang berasal dari kejelekan tabiat, yang dapat menyebabkan orang yang dipandang tersebut tertimpa suatu bahaya.”

Selanjutnya, Ibnu Hajar menjelaskan bahwa penyakit bukan hanya timbul dari pandangan orang yang dengki, namun juga dari orang yang cinta dan orang saleh karena takjub dan tanpa disengaja. Beliau berkata;

وَأَنَّ الْعَيْنَ تَكُونُ مَعَ الْإِعْجَابِ وَلَوْ بِغَيْرِ حَسَدٍ وَلَوْ مِنَ الرَّجُلِ الْمُحِبِّ وَمِنَ الرَّجُلِ الصَّالِحِ

“Sesungguhnya ain dapat terjadi bersama rasa takjub meski tanpa disertai rasa iri, meskipun dari orang yang mencintai dan dari orang yang saleh.”

Salah satu dalil yang dijadikan dasar oleh Ibnu Hajar bahwa penyakit ain juga timbul dari rasa takjub adalah hadis riwayat Imam Bukhari dari Sahl bin Hunaif, dia berkata bahwa Nabi Saw. bersabda;

اِذَا رَأَى اَحُدُكُمْ مَا يُعْجِبُهُ فِيْ نَفْسِهِ اَوْ مَالِهِ فَلْيُبَرِّكْ لَهُ فَأِنَّ اْلعَيْنَ حَقٌّ

“Jika salah satu di antara kalian melihat perkara yang menakjubkan, baik dalam diri sendiri atau dalam harta, maka berdoalah agar perkara tersebut diberkahi, karena sesungguhnya penyakit ain adalah nyata.”

Tahukan anda, dengan mengupload atau berkongsi gambar di media-media sosial seperti wechat, telegram, Whatsapps, Facebook dan sebagainya akan berisiko serangan penyakit Ain. Hal ini tidak mustahil kerana pandangan orang pada gambar yang dikongsikan di media sosial boleh jadi pandangan kagum bercampur benci dan iri hati yang boleh membawa kesan buruk terutamanya penyakit Ain.

Baca Juga:

Penawar Penyakit Ain

Setiap penyakit pasti ada penawarnya tidak kiralah penyakit itu fizikal atau rohani. Penyakit Ain juga ada penawarnya. Ada beberapa kaedah penyembuhan penyakit ini iaitu dengan doa, ruqyah atau dengan cara mandian.

Dengan cara mandi:

Jika diketahui orang yang memandang tadi, maka ia diminta untuk mandi di atas ember besar sehingga airnya tertampung dan air sisa mandi ini disiram/diguyur sekaligus sekali guyuran ke atas kepala orang yang sakit, ia akan sembuh seketika itu pula. Sebagaimana cara ini dilakukan oleh Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam yang diriwayatkan oleh Imam Baihqi, dishahihkan oleh Imam Al-Albani dalam Shahihul Jami’ : 3908).

 Cara kedua

dengan meletakkan telapak tangan di atas kepala si sakit kemudian membaca do’a yang diajarkan oleh Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam sbb :

بِاسْمِ اللَّهِ أَرْقِيكَ مِنْ كُلِّ شَيْءٍ يُؤْذِيكَ مِنْ شَرِّ كُلِّ نَفْسٍ أَوْ عَيْنِ حَاسِدٍ اللَّهُ يَشْفِيكَ بِاسْمِ اللَّهِ أَرْقِيكَ

“Dengan asma Allah aku meruqyahmu dari setiap hal yang mengganggumu, dan dari setiap keburukan setiap jiwa dan setiap mata yang jahat. Semoga Allah menyembuhkanmu, dengan asma Allah aku meruqyahmu.” (HR. Muslim : 2186).

Cara Ketiga

letakkan telapak tangan di atas kepala si sakit kemudian bacalah do’a sbb :

 بِاسْمِ اللَّهِ يُبْرِيكَ وَمِنْ كُلِّ دَاءٍ يَشْفِيكَ وَمِنْ شَرِّ حَاسِدٍ إِذَا حَسَدَ وَشَرِّ كُلِّ ذِي عَيْنٍ.

“Dengan asma Allah semoga Allah memulihkanmu, dan semoga Allah menyembuhkanmu dari setiap penyakit, dan dari setiap keburukan orang yang hasad ketika mereka hasad, dan dari setiap pandangan mata jahat.” (HR Muslim : 2186).

Cara keempat

letakkan telapak tangan di atas kepala si sakit lalu bacalah do’a sbb :

اللَّهُمَّ ربَّ النَّاسِ ، أَذْهِب الْبَأسَ ، واشْفِ ، أَنْتَ الشَّافي لا شِفَاءَ إِلاَّ شِفَاؤُكَ ، شِفاءً لا يُغَادِرُ سقَماً

“Ya Allah Tuhannya manusia, hilangkanlah sakit, sembuhkanlah, Engkaulah Dzat Yang Maha Penyembuh, tiada kesembuhan melainkan dari Engkau asalnya, kesembuhan yang tidak meninggalkan bekas sakit.” (HR. Bukhari : 5675).

Cara kelima

letakkan telapak tangan di bagian tubuh yang sakit kemudian baca surat : Qulhu, Falaq, Nas. (HR. Bukhari kitab Fadhailul Qur’an bab Al Muawwidzatain).

4. Cara agar terhindar dari ‘Ain adalah dengan membiasakan dzikir pagi dan petang, dzikir sebelum tidur,dzikir setelah shalat, mendo’akan keberkahan pada orang yang kita kagumi ketika melihatnya.

Wallahu a’lam.

Pengobatan Penyakit Ain Oleh :

Ustadz Abul Aswad Al-Bayati حفظه الله

Kamis, 16 Rabi’ul Awwal 1438 H / 15 Desember 2016 M

Referensi: https://bimbinganislam.com/pencegahan-dan-pengobatan-penyakit-ain/

You may also read!

PENYAKIT DARAH TINGGI AYAHKU SEMBUH DI UMUR 60an

Pernah dengar Darah Tinggi atau Hypertension? Orang yang dah tahu tentang penyakit ini mesti rasa gerun kan sebab penyakit

Read More...

Khasiat Air Halba Pada Kesihatan Tubuh Lelaki Dan Wanita

Pernahkah anda dengar Halba? halba adalah sejenis herba yang selalu digunakan dalam masakan. Kalau di Malaysia Halba boleh didapati

Read More...

Cara Atasi Sembelit Dengan Mudah Dan Berkesan

Cara Atasi Sembelit. Gejala sembelit adalah gejala yang sering dialami oleh setiap lapisan masyarakat di Malaysia mahupun di dunia.

Read More...

Leave a reply:

Your email address will not be published.

Mobile Sliding Menu